Keuntungan dan Kekurangan Bisnis MLM, Dibahas Secara Obyektif Disini



Perbedaan MLM dan Money Game


Dari sekian banyak keuntungan menjalankan bisnis MLM, terutama bisnis Milagros. Ternyata masih ada orang yang keliru dalam memahami sistem bisnis MLM ini. Kebanyakan mereka berfikir bahwa menjalankan bisnis MLM sangat melelahkan karena setiap member harus memiliki keterampilan menjual produk.

Padahal, justru itulah sistem MLM yang sehat. Itu juga yang membedakan MLM dengan money game. Money game tidak ada produk yang diedarkan untuk dijual, karena sistem ini hanya mengandalkan pemasukan dari setiap pendaftaran member baru. Dengan kata lain, member lama akan mendapatkan komisi sejumlah uang ketika ada member baru yang berhasil diajak bergabung. Sedangkan produknya tidak ada. 

Agar semakin memahami bagaimana sistem bisnis MLM bekerja, sebaiknya harus dipahami dulu perbedaan antara money game dan MLM. Ini penting bagi yang sama sekali masih awam terhadap sistem bisnsi MLM agar tidak mencampur-adukkan antara yang benar dan yang salah. Karena tidak sedikit orang yang menganggap MLM dan Money game itu sama.

Untuk lebih jelasnya, inilah beberapa perbedaan bisnis MLM dan Money game.

1. MLM tidak ada biaya pendaftaran, jikapun ada itu bukan untuk biaya pendaftaran tapi pembelian produk atau hak akses produk (jika produknya berbentuk aplikasi). Komisi yang didapatkan upline yang memberikan sponsor adalah dari hasil pembelian produk tersebut.

Sedangkan money game sebaliknya, ada biaya pendaftaran yang cukup tinggi tanpa ada keharusan pembelian produk. Biaya pendaftaran tersebut biasanya akan digunakan untuk membayar bonus-bonus upline member baru.

2. Bisnis MLM memberikan peluang yang sama kepada member yang berada di setiap level untuk meningkatkan penghasilan dan kesejahteraan mereka. 

Sedangkan Money Game hanya menguntungkan bagi orang-orang yang pertama atau lebih dulu bergabung sebagai anggota. Dan ini jelas-jelassuatu kerugian bagi yang mendaftar belakangan.

3. Sistem bisnis MLM membatasi hak usaha setiap member. Hal ini dilakukan untuk mengendalikan jaringan dan dominasi sebagian member terhadap member lainnya. Perusahaan penyelenggara MLM benar-benar memberlakukan ketat untuk menjaga perputaran roda bisnis.

Sedangkan Money Game, setiap orang boleh memiliki hak usaha berkali-kali dalam satu waktu tertentu. Karena semakin banyak dia menyetor uang, semakin menguntungkan untuk perusahaan tersebut. 

4. Pada sistem bisnis MLM, keuntungan perusahaan bukan dari pendaftaran member baru. MLM memiliki produk yang dijual kepada para membernya. Sehingga jelas, perusahaan memiliki pemasukan dari hasil penjualan produk.

Sedangkan Money game, pendaftaran member adalah satu-satunya pemasukan utama sistem perusahaan. Karena perusahaan tidak memiliki produk yang dijual sebagai sumber keuntungan. Itulah mengapa pada poin 3 tadi, sistem money game membolehkan membernya memiliki hak usaha sebanyak-banyaknya.

5. Dalam hal rekruitmen member baru, di sistem bisni MLM jumlah orang yang direkrut anggota tidak dibatasi. Karena semakin besar jaringannya maka peluang penjualan produk akan semakin tinggi juga. Dengan begitu, perusahaan tidak takut membayar tinggi, karena keuntungan perusahaan dari kinerja penjualan member pun sebanding.

Sedangkan Money Game, jumlah anggota yang direkrut dibatasi. Dan jika member ingin merekrut lebih banyak lagi, member tersebut diwajibkan mendaftar slot baru. Dan pendaftaran baru ini, lagi-lagi sebagai sumber utama pendapatan perusahaan.

6. Sistem bisnis MLM, setiap up line sangat memperhatikan perkembangan penjualan dan penambahan jaringan para downlinenya. Karena keberhasilan upline ditentukan dari keberhasilan down line.

Sedangkan Money Game, para up line tidak mempedulikan performa downline. Mereka hanya mementingkan rekrut member baru saja. Apakah downline berhasil atau tidak, bukanlah hal yang penting bagi upline.

Inilah 2 Kekurangan bisnis MLM


Agar topik dalam artikel ini tetap obyektif, ada baiknya saya menuliskan juga apa kekurangan bisnis MLM. Mungkin ini pun menjadi sesuatu yang penting untuk Anda ketahui sebagai pertimbangan sebelum memutuskan bergabung di bisnis MLM.

1. Tidak mendapatkan perintah kerja dari atasan


Jangankan perintah kerja, atasan (boss) pun tidak ada. Karena justru Anda sendiri adalah boss nya. Ini adalah kekurangannya, terlebih lagi jika Anda salah satu tipe orang yang masih kurang inisiatif untuk bekerja. 

Jika Anda masih terbiasa mendapatkan perintah terlebih dahulu sebelum bekerja, maka di bisnis MLM hal itu tidak akan Anda temukan. Anda harus memiliki kemampuan manajemen kerja dan juga kedisiplinan sendiri. Karena tidak ada orang yang akan memarahi Anda jika tidak bekerja.

Meski begitu, Anda tetap akan mendapatkan kontrol secara tidak langsung ketika melihat perolehan hasil dari kinerja Anda di bisnis MLM. Jika hasilnya kurang memuaskan, itulah teguran untuk Anda melakukan evaluasi diri untuk perbaikan selanjutnya.

2. Perlu proses dan waktu


Ini yang harus digaris bawahi, kebanyakan orang berfikir bisnis MLM adalah bisnis instant. Padahal secara sadar Anda pun sudah mengetahui bahwa segala sesuatu di dunia ini semuanya membutuhkan proses. Termasuk pencapaian sukses Anda di bisnis MLM, perlu waktu untuk berproses.

Jangan harap orang yang memiliki mindset instant bisa sukses di bisnis MLM. Karena di bisnis apapun, proses itu tidak bisa dihilangkan. Meski demikian, proses mencapai sukses bisa dipercepat atau diperpendek. Dalam bisnis MLM, Anda akan mendapatkan kesuksesan dengan bimbingan upline dan juga motivasi dari diri Anda sendiri.

Contohnya saya, yang selalu mendapatkan motivasi dan arahan saat menjalani bisnis Milagros. Dan tak jarang upline saya mengundang saya kedalam acara mini seminar untuk berbagi perihal informasi bisnis dan juga tak lupa tips mengembangkan jaringan secara efektif.

Ketahui 9 Keuntungan Bisnis MLM


Setelah mengetahui perbedaan MLM dan money game dan juga kekurangan bisnis MLM, sekarang tiba saatnya kita membahas apa saja keuntungan bisnis MLM. Ini menjadi hal yang harus diketahui oleh siapapun sebelum memutuskan bergabung.

Salah satu bisnis MLM yang sudah diterima oleh masyarakat Indonesia adalah Milagros. Bisnis ini semakin berkembang pesat, jumlah penambahan member setiap harinya terus meningkat. Tak heran, karena produk air Milagros memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Dan Anda sudah tahu sendiri, bahwa kesehatan saat ini merupakan suatu hal yang paling berharga.

Apa saja keuntungan bisnis MLM? Silahkan Anda simak selengkapnya..

1. Produk sudah tersedia


Produknya sudah ada, berbeda dengan membuka bisnis sendiri dimana Anda harus mempersiapkan produk untuk dipasarkan. Sedangkan di MLM, contohnya Milagros sudah tersedia produknya. Apalagi air milagros selama ini belum pernah dikabarkan surut, meski sudah jutaan orang menggunakannya. Wajar saja, karena air Milagros ini berasal dari sumbernya langsung.


2. Bisnis MLM Sistemnya sudah terbangun. 


Anda hanya perlu menjalaninya, sistem komisi dan perolehan setiap prestasi sudah diatur sedemikian rupa. Produk MLM yang bagus adalah yang memberikan banyak manfaat kepada pemakaianya. Terlebih lagi, produk itu untuk pemenuhan kebutuhan primer. 

3. Minim resiko


Keuntungan bisnis MLM selanjutnya yaitu minim resiko. Berbeda jika Anda membuka usaha sendiri, yang bisa dihadapkan dalam situasi kehilangan uang. Belum lagi waktu yang terbuang percuma. Dalam pondasi awal setiap bisnis, resiko adalah sesuatu yang tidak bisa dihilangkan. Namun, di bisnis MLM resiko tersebut bisa diperkecil.

4. Modal awal terjangkau


Keuntungan menjalani bisnis MLM ialah dapat dimulai dengan biaya relatif rendah. Dengan hanya beberapa ratus ribu, Anda bisa memulai terlibat dalam pemasaran produk. Contohnya di Bisnis Milagros, dengan modal 1 hak usaha yaitu Rp350.000, Anda memiliki peluang yang tak terbatas. Tergantung bagaimana Anda menekuni bisnis tersebut.

5. Market sudah tersedia.


Hal pertama yang harus difikirkan dalam memasarkan produk adalah "siapa yang membutuhkannya". Jika produk MLM bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan orang-orang, dan bahkan menjadi solusi bagi permasalahan mereka itu dapat dipastikan marketnya sudah tersedia. 

Bayangkan, jika bisnis MLM Anda menjadi solusi atas kesulitan orang lain, kira-kira apakah Anda akan sulit menjualnya? Apakah Anda akan kesulitan mencari orang untuk diajak mengkonsumsi produk tersebut? Saya kira tidak. Bahkan dalam kondisi dan situasi tertentu, bisa jadi orang-orang yang terlebih dahulu mencari Anda karena butuh dengan produk tersebut.

Baca ini: Jangan Daftar Bisnis MLM Milagros, Jika 3 Sikap Ini Ada Pada Diri Anda

6. Potensi penghasilan tanpa batasan.


Berapa banyak uang yang bisa Anda hasilkan jika bekerja dalam suatu perusahaan atau instansi swasta? Di perusahaan, tak peduli seberapa keras Anda bekerja untuk mereka, penghasilan tetap saja berdasarkan standar bulanan seperti biasa. Kalaupun ada selisih, mungkin masih belum sebanding dengan penambahan pekerjaan Anda.

Dalam bisnis MLM, Anda dapat memutuskan berapa banyak uang yang ingin Anda hasilkan, dan itu semua terserah Anda. Perusahaan MLM tak membatasi Anda. Asalkan Anda mempunyai keahlian dalam mengelola jaringan dan melakukan pemasaran.

7. Tidak perlu karyawan


Tidak ada karyawan yang akan dipekerjakan untuk bisnis MLM. Karena dalam program bisnis mlm memberikan keleluasaan setiap member untuk bekerja secara mandiri. Setiap downline Anda bukanlah karyawan yang harus Anda sendiri membayar mereka. Downline Anda adalah mitra bisnis Anda. Semuanya adalah pemilik bisnis independen yang bekerja bersama menuju sasaran bersama.

8. Biaya operasional rendah


Model pemasaran MLM memungkinkan buat menjalankan bisnis dengan biaya rendah dibandingkan dengan membangun bisnis sendiri, dimana Anda harus mengeluarkan biaya overhead sebelum mendapatkan profit.

Menjalani bisnis MLM tidak memerlukan biaya operasional yang tinggi. Anda hanya memerlukan biaya untuk transportasi, berkunjung ke rumah prospek atau ke kafe kota terdekat. Apalagi jika dukungan upline terhadap downline berjalan optimal.

Seperti di bisnis MLM milagros, setiap upline akan membantu downline masing-masing untuk mencapai target penghasilan yang diinginkan. Dan tak jarang, terkadang mereka rela terjun membantu secara langsung jika diperlukan.

9. Kebebasan waktu


Bayangkan memiliki bisnis yang produktif dalam pemasaran jaringan yang akan memberi Anda keleluasaan waktu untuk mencapai kesuksesan dalam hidup. Kehidupan pebisnis MLM seringkali lebih terencana, bukan saja dalam aspek bisnis tapi dalam aspek lainnya. Anda dapat dengan mudah mengatur kapan waktu untuk fitness dan juga kapan waktu untuk menemani anak ke taman bermain. Karena perusahaan tidak mengikat waktu kerja Anda. 

Bukankan waktu adalah salah satu hal yang paling berharga di dunia ini? Jika Anda memiliki kendali penuh terhadap waktu dalam hidup Anda, berarti Anda sudah merawat sesuatu yang berharga tersebut.

Baca ini: Bisnis Milagros, peluang bisnis air minum kesehatan dengan potensi penghasilan tak terbatas

Kesimpulan

Dari artikel yang saya tulis diatas, sampai disini Anda dapt menyimpulkan sendiri. Apakah Anda cocok bergabung menjalani bisnis MLM atau tidak. Hanya Anda yang tahu jawabannya berdasarkan pertimbangan tadi.

Karena itu yang pernah saya lakukan sebelum memutuskan daftar bisnis MLM Milagros di Bandung. Saya membuat pertimbangan yang cukup lama, kurang lebih 3 minggu. Bukan mempertimbangkan keuntungannya saja, tapi pertimbangkan juga aspek kekurangannya. Agar Anda lebih obyektif dan memiliki fikiran jernih dalam mengambil keputusan.

Waktu itu, yang saya pertimbangkan bukan hanya mengenai seberapa besar hasil yang bisa saya dapatkan dari bisnis MLM Milagros di Bandung, tapi juga perihal komitmen saya terhadap diri sendiri. Apakah betul mau serius, atau hanya sekedar iseng.

Meskipun memang, umumnya dalam bisnis MLM tidak ada patokan waktu kerja, artinya waktu Anda fleksibel. Seperti di Milagros, saya menjalani bisnis MLM sambil mengerjakan tugas-tugas lain yang berkaitan dengan pekerjaan freelance saya dan juga urusan rumah.

Jika Anda berada di Bandung dan sekitarnya, tertarik untuk mencoba terapi air Milagros untuk berbagai macam keluhan penyakit Anda? Silahkan kontak Chat 081218648169 (Whatsapp Only)
Disqus Comments
Sukses adalah Pilihan

Keputusan Anda dimulai dari diri sendiri dan mulai dari sini

Membaca Peluang

Kekayaan dan kesehatan adalah 2 hal yang paling dibutuhkan manusia

Video Gallery

Mungkin Anda akan terkejut melihat fakta berikut ini

Marketing Plan

Disini Anda akan mengetahui bagaimana Milagros 'menyehatkan' finansial Anda

Copyright © 2017 Bisnis Milagros Bandung